Jumat, Februari 15, 2008

Harga Diri dan Prosedur Hidup

Empat hari yang lalu saya marah pada beberapa orang keluarga dekat saya karena sebuah kesalahan mereka yang sudah seringkali terjadi dan saat itu saya sudah tidak bisa mentolerir kesalahan itu lagi.Apa itu ? pambatalan janji sepihak dan perubahan jadwal yang tidak dikonfirmasikan pada saya sehingga saya menunggu dari siang sampai sore hari tanpa ada hasil.

Saya mengambil sikap untuk tidak mau mendengar alasan mereka dan memutuskan pergi dimalam harinya.

Setelah hampir 2 hari kami tidak ada komunikasi akhirnya mereka buka suara yang meyatakan mereka tersinggung dengan sikap saya dan menganggap saya tidak bisa menerima kekurangan yang ada pada mereka.Saya menegaskan statement saya berikut ini : "Saya adalah saya.bukan kalian dan bukan orang lain.Jadi saya akan hidup dengan cara saya yang saya anggap benar dan baik.Ini bukan masalah harga diri dan egoisme pribadi yang tidak mau mengalah,tidak menghargai orang lain dan tidak mau disalahkan.Tapi bagi saya,tidak ada pembenaran untuk sebuah kesalahan dan kata maaf tidak akan menjadi jalan keluar yang akan menyelesaikan persoalan tanpa ada perubahan nyata dalam ucapan dan perbuatan yang membuktikan penyesalan dan itikad baik untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut sekarang dan selanjutnya".

Saya bukan tanpa alasan melontarkan kalimat diatas.Hidup selalu memiliki prosedur yang harus ditaati untuk menjadikannya semakin baik,benar,berkualitas,bermanfaat dan memiliki arti serta nilai yang bisa dipertanggungjawabkan kepada semua makhluk,alam dan kepada Tuhan.Pada dasarnya hal ini dipahami oleh semua orang.Tapi pelaksanaannya tidak semudah yang kita pikirkan.Semua membutuhkan bekal dan pengalaman yang didapatkan dari proses yang panjang dan tidak mudah.

Berawal dari kita lahir,sekolah,kerja dan hidup berumah tangga,berinteraksi sosial dengan lingkungan hingga akhirnya kita akan meninggalkan dunia ini adalah proses panjang dalam pelaksanaan prosedur hidup ini.

Pada akhirnya keterbukaan,kejujuran,disiplin,dan taat pada semua aturan akan sangat membantu kita untuk bisa saling mengerti dan memahami satu dengan yang lain yang merupakan salah satu kunci dalam pelaksanaan prosedur hidup yang baik dan benar di dunia ini.

Tidak ada komentar: